Laman

Hama dan penyakit tanaman

Hama dan penyakit tanaman adalah organisme yang menganggu tanaman budidaya sehinga budidaya pertumbuhan dan perkembangan tanaman terhambat.Pertumbuhan dan perkembangan tanaman mulai dari benih,pembibitan ,pemanenan hingga proses penyimpanan di gudang tidak pernah luput dari gangguan hama ,pantogen, gulma atapun faktor - faktor lain yang menganggu tanaman tersebut . Seorang peneliti dari indian pernah menyatakan bahwa akibat dari kerugian tanaman akibat gulma sebanyak 33 %,akibat patogen 26% ham 26 % dan kerusakan penyimpanan sekitar 7 %.

Baca Juga : Alat-alat ukur tanah.

1.Hama
   Hama Adalah organisme yang dia angap merugikan dan tak diinginkan dalam kegiatan sehari -hari manusia . Walaupun dapat digunakan untuk semua organisme ,dalm praktik instilah ini paling sering di pakai hanya pada hewan.
Suatu hewan juga dapat dapat dikatakan juga hama jika dapat menyebabkan kerusakan pada ekosistem alami atau agen penyebaran penyakit dalm habitat manusia .Contohnya adalah organisme yang menhjdi vektor penyakit bagi manusia ,seperti tikus dan lalat yang membawa wabah ,atau nyamuk yang menjadi vektor malaria.
Dalam pertanian ,ham adala organisme penganggu tanaman yang menimbulkan kerusakan secara fisik dan dalm praktisnya adalah semua hewan yang menyebabkan kerugian pada pertanian.







2.Penyakit tanaman
   Fintopatologi adalah ilmu pengentahuan yang mempelajari penyakit pada tumbuhan akibat serangan pantogen ataupun gangguan ketersedian hara .Brasal dari gabungan kata bahasa yunani :phyton berarti tumbuhan :phytos berarti sakit atau menderita :logos berarti ilmu atau pengetahuan . Secara biologis tumbuhan dikatan sakit apabila tidak mampu melakukan kegiatan fisiologis secar normal yang meliputi respirasi ,fotosintesis ,penyerapan gizi yang di perlukan dan lain-lain.
Studi ilmu penyakit meliputi studi tentang penyebab penyakit ,stutudi tentang interaksi antara penyakit -  tumbuhan inang dan lingkungan,dstudi tentang fisiologi tanman sakit . Studi penyakit tumbuhan dikelompokan dalam  :


  • penyakit yang disebabkan oleh penyebab non hidup ( abiotik ) Penyakit demikian bersifat tidak menular
  • penyakit tumbuhan yang disebabkan oleh jasad ( biotik ) yang bersifat menular


Penyebab penyakit abiotik antara lain adalah kekurangan unsur hara ,suhu yang sangat rendah ataupun yang sangat tinggi ,pencemaran polusi
Penyakit tumbuhan biotik antara lain adalah jamur ,bakteri,fitoplasma,vorus virod,nematoda dan tumbuhan parasit


Baca Juga : Pembibitan kelapa sawit

Lazada Indonesia

No comments:

Post a Comment